Thursday, January 24, 2008

part-3 :

Cuma 6 Juta dapat tiga negara ?,
sebuah sajian menu untuk para backpacker...

<---sebelumnya
CHINNATOWN
Setelah sholat / beristirahat di masjid Chulia, langsung bisa dilanjutkan dengan menuju ketempat penjualan oleh-oleh singapura, sebuah pasar seni Chinnatown. Sebenarnya kalo di indonesia bisa menyebut wilayah pasarnya ini seperti Pasar Tugu (Sabtu-Minggu), atau Pasar Tiban. Sebuah pasar yang bersifat temporer dengan rentetan pedagang kaki lima yang menghiasi wilayah sepanjang jalan. Walaupun kalau disini sepertinya tidak temporer, tetapi masing-masing stand disediakan tempat seperti peti kemas berukuran kecil dengan pintu yang bisa sebagai gantungan barang jualannya. Bangunan sekitar juga tampak kuno seperti peninggalan jaman inggris dulu. Entahlah apakah bangunannya itu memang dibuat bergaya kuno atau memang peningalan asli.

Biasanya kalau orang indonesia untuk beli oleh-oleh sering diampirkan ke Mustofa Plasa, dimana memang banyak asesoris seperti gantungn kunci, kaos, miniatur-miniatur, piring, hingga makanan cokelat dan alat-alat elektronik, semuanya nyaris ada dan lengkap. Menuju kesana dari Chinnatown cukup menggunakan MRT. Tetapi disarankan jika ingin membeli oleh-oleh, untuk hal-hal asesoris seperti gantungan kunci, piring hingga kaos lebih baik di chinnatown saja, insya Alloh lebih murah, bahkan masih bisa ditawar sampai setengahnya. Bicara tawar-menawar, hal ini sangat menarik karena sipembeli tentu akan merasa terpuaskan pada saat prose pembelian itu, bandingkan saja jika melakukan pembelian di mustafa centre, disana sudah harga bandrol yang otomatis sudah tidak bisa ditawar lagi.Perangkat elektronik, sebaiknya juga membeli di Indonesia saja, Glodok atu di Surabaya sudah lebih murah dibanding disana, belum lagi garansinya hanya singapura, sayang. Sedangkan apabila hendak membeli cokelat mungkin walau tidak paling murah, bisa membeli di mustafa centre ini, jangan lupa dilihat dahulu label ke-halal-annya. Untuk yang ciri khas singapura mungkin ambil saja yang standar sekitar berharga S$.10 (Rp. 65 ribuan) bisa dapat 2 box jika ada diskon (buy 1 get 1 free).

ANGUILLA MOSQUE
Tidak jauh dari Mustafa centre, juga tampak sebuah masjid yang cukup indah, hanya terletak sekitar 50 meter saja diseberang jalan, "masjid Angullia" namanya. nama yang aneh, memang se 'angel' namanya. Tempat wudlu yang disediakan sangat berbeda dengan di Indonesia yang dengan model berdiri atau dengan model kolam besar, tetapi disana kita harus dengan posisi duduk (ada tempat duduk) atau dengan jongkok (krannya sangat pendek) tidak ada posisi wudlu yang berdiri dengan kaki di angkat. Dan jika saat sholat Jum'at maka akan ditemui hal unik pula, dimana sebelum dimulainya ibadah jum'at yang diawali dengan adzan biasanya di indonesia diisi dengan lantunan ayat suci, maka disana sebelum adzan diisi dengan kultum yang ternyata lamanya sungguh luar biasa ! satu jam penuh, lebih lama dari kuthbah yang hanya 15 menit, belum lagi ternyata semuanya itu dibawakan dengan bahasa india, nehi-nehi.. :-). Terakhir yang juga jarang ditemui di indonesia adalah, disediakannya banyak peci-peci putih disebuah tempat khusus. So, kita tak perlu dari rumah ngantongi peci kalo mau sholat disana.. :-)

Jika ternyata perjalanan melelahkan, di kawasan india singapura ini (sekitar mustafa centre) juga bisa diperoleh dengan mudah masakan-masakan india yang halal, seperti chappati misalnya, atau nasi, ayam kuah, kambing gule dan tentunya teh susu yang bernama teh tarik membuat nuansa menjadi semakin meng-india. Uang yang dikeluarkan untuk makan juga relatif tidak banyak, per-orang sudah termasuk minum hanya berkisar S$.5 s.d S$.10 saja, ini pun menunya sudah lengkap ada chappatti, ayam, kambing, teh tarik dan lemon. sungguh nikmat.

MERLION PARK
Waktu masih berjalan dan cukup waktunya jika dilanjutkan dengan MRT kembali menuju Merlion Park. Sebuah taman yang tepat berada dianjungan sebuah sungai yang tepat berada dilokasi perkotaan singapura. Sehingga lokasi ini menjadi sarana favorit untuk melakukan pemotretan, 'good looking' katanya. Memang di park ini hanya ada sebuah patung kepala singa putih yang memancarkan air kearah sungai dengan nuansa sederhana, tapi tampaknya pemerintah singapura tidak main-main dengan tempat ini. Sebuah anjungan yang menjorok kearah sungai memudahkan para pelancong atau backpacker untuk mengambil foto merlion dengan background gedung-gedung bertingkatnya. Sedangkan disungai juga telah disediakan pula perahu-perahu wisata yang siap mengantarkan keliling sungai. tetapi sayang ternyata sungainya juga tidak terlalu bersih juga, ada beberapa sampah diatas sungai coklat itu.

bersambung : Naik kereta ke malaysia..

2 comments:

  1. Allow Pak Barid...
    aku pernah loh ditolak masuk Masjid Anguilla. Sempet kaget banget,apalagi isi masjid bapak - bapak semua. Ternyata aku lupa, hari itu hari Jumat, waktunya bapak2 sholat jumat pulak... xixixi jadi maluh akyuh

    ReplyDelete
  2. hahaha..iku namane salah kamar.. :-)

    ReplyDelete

Monggo dipun raos lan dipun rasani kemawon.. ;-)

resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut