Friday, January 25, 2008

Tips & Trik buat ngadepin Sidang Tugas Akhir

Saat ini banyak anak muda dan tua yang sedang menikmati Tugas akhir atau skripsi atau tesis. Baik itu reguler, ekstensi ,executive class, entah malam, siang, pagi, sore, semakin banyak orang yang saat ini menikmati benar dunia perkuliahan. Alasannya macem-macem, untuk cari kerjalah, disuruh ortu, karena pacar, karena cari jodoh, biar naik pangkat, and tentunya banyak juga yang memang ingin menambah wawasan.

Terlepas dari semua itu, bagi mereka yang sudah mau selesai dan saat ini sedang persiapan buat 'closing' dengan seminar TA atau sidang TA atau Tesis atau skripsi pasti ingin agar 'ritual menyeramkan' yang selalu menakuti kandidat wisudawan ini bisa berjalan lancar bahkan dapat A. bagaimanakah caranya ?

Dibawah ini beberapa hal yang sungguh amat sangat penting untuk dilaksanakan oleh kandidat-kandidat wisudawan agar sukses ;

1. Kenali dulu siapa yang menjadi pengujinya. Bisa ditanyakan ke senior ato yg mengenalnya biasanya dia suka nanyain masalah apa atao keahliannya apa.

2. Minta juga ke pembimbing agar bisa membantu mengarahkan jawaban jika misalnya tdk tahu maksud dari pertanyaan yg diajukan.

3. Baca detail buku skripsinya ,coba kasih tanda stabilo merah mana-mana yang menurutmu tidak bisa menjawab jika ditanya. Dan tandai stabilo kuning untuk hal-hal yang kamu sudah siap dengan jawabannya. Dan satu lagi stabilo hijau untuk mana-mana yang kemungkinan ditanyakan oleh penguji. Seluruh kemungkinan pertanyaan dari yg distabilo tersebut buatlah dalam bentuk check list pertanyaan (FAQ). Nah yang tdk bisa dijawab, segera hubungi pembimbing.

4. Bab-1 adalah selalu pasti ditanyakan, seperti latar belakangnya apa, apa bedanya maksud & tujuan (kalau dipisah), identifikasi masalahnya apakah sudah nge-link dengan tujuan ?, batasan masalah. semua ini musti siap.

5. Bab-5 atao akhir tentang Kesimpulan juga sudah pasti jadi pertanyaan. Apakah tujuan di bab-1 muncul pada kesimpulan ?..dan pasti masalah saran tidak boleh 'umum' harus spesifik. kalau masih umum, siapkan edisi ralatnya.

6. Terakhir, Dari pertanyaan-2 yang tadi kamu tulis dan siap dengan jawaban. Pilih yang menarik dan kamu bener-2 menguasainya. Setelah itu buat semacam skenario seolah-olah kamu pada saat presentasi tidak 'terlalu detil' menjelaskan yg distabilo tersebut (yg mungkin jadi pertanyaan). Kenapa ?.. agar penguji 'terpancing' untuk menanyakan hal itu.

7. Terakhir lagi.... BERDOA dan tenangkan hati dengan SHOLAT MALAM.. mulai selalu dengan BISMILLAHIRROHMAANIRROHIIMM

Semoga sukses,

0 komentar:

Post a Comment

Monggo dipun raos lan dipun rasani kemawon.. ;-)

resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut