Saturday, January 19, 2008

part-1 :

Cuma 6 Juta dapat tiga negara ?,
sebuah sajian menu untuk para backpacker...


Aneh memang, tapi dengan niat yang kuat menambah wawasan keduniaan kita, sangatlah mudah mewujudkan tabungan kita yang cuma sedikit ini bisa membuat kita merambah 3 negara. Dibawah ini disajikan menu hidangan 'visit asean 2008' untuk para backpacker Indonesia. Sebuah analisis sederhana agar kita tidak takut, bahwa ke luar negeri itu ternyata gampang. Untuk materi tulisan ini hanya beberapa rekomendasi singkat berupa lintasan-lintasan saja secara singkat. Tulisan lebih detail akan disajikan pada kesempatan berikutnya.

PERSIAPAN
Sebelum memulai perjalanan, usahakan membuat schedule dahulu titik-titik lokasi manakah yang ingin dituju. Buatlah sebuah action plan yang matang, sumber-sumber bisa diambil dari internet dan peta google map. Demikian juga referensi biaya, usahakan termasuk dalam asumsi biayanya. Dan lebih baik jika tidak sendirian bisa 2 hingga 5 orang sekaligus, karena kedepannya akan sangat besar manfaatnya jika sampai 5 orang, seperti biaya penginapan, transport, makan, teman bincang, dll. Tetapi mungkin jangan terlalu banyak, maksimal 5 itu mungkin bisa dibagi menjadi 2 group. Tidak lupa siapkan kompas atau arah kiblat bagi yang muslim, GPS jika punya, Handycam untuk perekaman, kamera digital untuk kenangan. dan terakhir sekali adalah uang, lebih baik bawa uang yang nilainya stabil, seperti US Dolar, walau dibenci tetapi kenyataannya uang ini memang lebih bernilai dan money changer di negara manapun mau menerimanya.

KE SINGAPURA
Asumsi pertama adalah bahwa kita sudah memiliki passport, atau kalau mau dikira-kira anggap saja biayanya berkisar antara Rp.400 - 500 ribuan. Asumsi kedua adalah biaya ini sudah dihitung dari tengahnya Indonesia, diambil wilayah surabaya karena juga mempunyai bandara internasional (tanda kutip lho). Biaya transportasi pesawat Lion Air Surabaya-Batam adalah sekitar Rp.700 ribu. Setelah mendarat dengan angkutan taksi yang berkisar antara Rp.20 - 50 ribu tiba di pelabuhan Batam, langsung saja cari tiket kapal Batam - Singapura, antara one way dengan PP ternyata hanya selisih 2 dolar singapura lho yaitu untuk one way sekitar 11 dollar singapura, sedangkan untuk tiket PP hanya S$.13. Dengan kurs saat ini yang berkisar antara Rp.6500, maka nilai tiket itu hanya setara dengan Rp.72 - 80 ribu rupiah. Tapi ingat kalo beli tiket jangan langsung di lokasi pelabuhan, itu akan lebih mahal bila dibanding dengan beli lewat travel agent. Plus jangan lupa lewat Batam ini juga menghemat bayar pajak fiskal ke pemerintah senilai Rp.500 ribu, bandingkan jika naik pesawat yang bayar fiskalnya sekitar Rp.1 juta. Padahal dulu pemerintah sudah berjanji akan menghilangkan pajak fiskal ke negara-negara ASEAN ini lho tahun 2006, eh ternyata sampai 2008 pun masih ada.

Saat dikapal, jangan lupa mengisi form lembaran arrival - departure yang diberikan pada saat diimigrasi agar saat masuk Singapura bisa langsung menyerahkan ke imigrasi disana. Salah satu kiat saat ditanya oleh imigrasi Singapura, anda akan tinggal dimana, sebut saja salah satu hotel atau nama jalan yang sudah pernah dilihat di peta singapura, atau paling gampang lagi lihat di google earth sudah sangat lengkap, atau malah bilang saja mau transit thok ke malaysia.

Setibanya di Singapura dan setelah pengecekan oleh imigrasi jangan lupa tukarkan rupiah ke dolar singapura, tetapi ini jika ternyata masih kekurangan untuk kemungkinan pengeluaran selama di singapura. Setelah coba dihitung dan dibandingkan, jika uang rupiah kita tukarkan ke dolar sing di batam dengan di Surabaya, ternyata masih lebih baik di Surabaya. membeli dolar singapura di surabaya cenderung lebih murah bahkan berkisar antara Rp.100 rupiah dengan jika kita beli di batam. Jika di Surabaya dengan Rp.6500 bisa memperoleh 1 S$, maka di Batam musti bayar sekitar Rp.6600. Sedangkan di Singapura, rupiah lebih tidak dihargai lagi, mungkin karena lokasi dipelabuhan dan banyak pembeli atau bagaimana, entahlah.

bersambung : Sentosa Island...

2 comments:

  1. Anonymous4:42 PM

    wah.. sip juga nih, kalo di malaysia gimana mas ?

    ReplyDelete
  2. tenang ya,.. untuk yg malaysia, mungkin setelah 2 tulisan berikutnya deh..

    ReplyDelete

Monggo dipun raos lan dipun rasani kemawon.. ;-)

resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut