Monday, November 12, 2007


Kiblat Mesjid Al Falah Surabaya melenceng ?....


Melanjutkan tulisan sebelumnya dan adanya banyak masukan dan pertanyaan dari rekan-rekan yang menanyakan bagaimana mesjid-mesjid besar yang lain ? seperti masjid Al Falah Surabaya, masjid Sunan Ampel surabaya, Masjid Istiqlal, dan lain sebagainya. Maka agar bisa lebih jelas dalam praktek untuk mengukur menggunakan Google Earth, disini kebetulan yang diambil adalah di lokasi masjid Al Falah Surabaya, karena banyak sekali yang menanyakan kondisi untuk masjid itu, karena ada keanehan yang kondisinya kok lurus dengan jalan raya, takutnya ada kesalahan kiblat.

Sebagaimana tulisan sebelumnya, langkah awal adalah diawali pada posisi Ka'bah di Longitude 39°.49’34.40 East dan Latitude 21°.25’21.12’’ North. maka ditarik garis lurus mengarah ke Indonesia.



Setelah di zoom out agar makin mnegecil, maka dari titik ka'bah yang telah di tarik garis ini langsung ditarik garis menuju pulau jawa. sungguh mudah kok caranya. Baru setelah itu bisa di zoom in kembali untuk kondisi pulau jawa. Tinggal diarahkan akan di tarik ke kota manakah, bandung, jakarta, solo, surabaya. Atau malah hendak ditarik ke kalimantan dan sekitarnya ?



Saat diarahkan ke kota surabaya, prosesnya cukup meneruskan garis tertsebut, dengan catatan zoom-out atau zoom-in nya dilakukan ditanda panah saja jangan didalam area peta. Posisi Masjid Al Falah Surabaya ada di Longitude 112°.44’22.58 East dan Latitude 7°.17’42.07’’ South.



Tarikan pertama dari garis kuning itu ke atap masjid Al Falah bisa langsung mengetahui tingkat kemiringan gedung bila dibandingkan degan arah kiblat sebenarnya.  Berarti kesimpulannya adalah bahwa memang ada penyimpangan arah kiblat yang kurang sesuai, bahkan sangat kurang. 

Tetapi Alhamdulillah hal ini telah kami sampaikan kepada salah seoran ustadz yang juga sebagai pengurus Masjid Al Falah, semoga masukan ini bisa dijadikan salah satu alasan untuk investigasi lagi terhadap arah sebenarnya, mungkin di Depag memiliki ahlinya dibidang ini. Atau mungkin ada diantara Saudara pembaca yang lebih ahli ? Semoga.. 

Sebagai perbandingan, dari beberapa masjid besar lain yang telah dicoba menunjukkan bahwa ternyata mesjid-mesjid yang didirikan jaman dahulupun sudah lurus dan benar-benar lurus mengarah ke ka'bah :
1. Masjid Istiqlal Jakarta, Insya Alloh juga lurus.
2. Masjid Agung Bandung, Insya Alloh sudah cukup lurus mengarah ke ka'bah.
3. Masjid Salman bandung, Insya Alloh sudah luruh ke kiblat.
4. Masjid STT Telkom bandung, lurus juga.
5. Masjid Sunan Ampel Surabaya, Insya Alloh sudah mengarah lurus ke kiblat.
6. Masjid Al Akbar Surabaya, sudah lurus sebagaimana artikel sebelumnya.
7. Masjid Cheng Ho Surabaya (depan THR) ternyata kurang miring kekanan sedikit.

Masjid lain ?.. Wallaahu'alam.. moga sudah benar..
mohon maaf tidak semuanya bisa ditampilkan dan dicek disini, selamat mencoba ya..

4 comments:

  1. Anonymous11:01 AM

    waktu aku sholat kesana hadapnya emang kejalan,.. jadi tegak lurus tuh ama jalan raya darmo. Kalo yang tegak lurus gitu emang rada meragukan ya. tapi kalo dimiringin wah bakalan renovasi besar tuh.. :-)

    ReplyDelete
  2. Anonymous4:35 PM

    2 hari lalu di masjid deketku juga dah berubah tuh mesjidnya. gara-2 google earth, trus akhirnya takmir manggil depag deh. Dicek ulang lagi dengan cara : kompas, bayangan matahari, dan lainnya (aku ga tahu persis). Tapi akhirnya memang harus dimiringkan. Dan sekarang kayaknya sudah cocok tuh. Makasi ya masukannya..

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah informasi untuk Masjid Al Falah katanya sdh sampai ke takmir,.. moga bisa jadi perbaikan atau malah sekalian buat renoavasi masjidnya ya.. kasian sudah sangat tua. Dengan kemakmurannya itu semoga bisa lebih makmur lagi setelah direnovasi.

    ReplyDelete
  4. Anonymous2:19 PM

    coba website ini..

    www.qiblalocator.com

    ReplyDelete

Monggo dipun raos lan dipun rasani kemawon.. ;-)

resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut