Saturday, October 27, 2007


Sehari ada 21,6 Triliun kata-kata ...


Manusia itu sungguh luar biasa, disatu keluarga yang hanya terdiri dari empat orang saja sudah berbeda semua, beda rupa, beda selera, beda gaya, beda warna, bahkan beda ucapannya. Dari ucapan manusia-manusia inilah tercetus kata-kata.

Didunia yang katanya hanya selebar daun kelor ini, bertebaran kata-kata yang tentunya lebih banyak jumlah nya dari simanusia itu sendiri. Jika kita anggap jumlah manusia dibumi ini adalah sekitar 5 milyar, sedangkan dari percobaan yang coba dilakukan penulis, ternyata manusia sanggup berkata-kata selama satu jam sebanyak 2160 kata. Ini tidak termasuk pakar-pakar yang senantiasa mampu bercakap berjam-jam lamanya entah itu diseminar, di radio, di tv dan lain sebagainya.

Dengan asumsi yang sederhana saja dimana manusia hanya bertahan selama satu hari mempu bercakap-cakap selama 2-3 jam saja, maka dalam sehari di dunia ini terdapat = 2160 x 2 x 5 milyar = 21.600 Milyar = 21,6 Triliun kata !!! . Bayangkan lagi jika dalam satu minggu, satu bulan, bahkan satu tahun 365 hari, maka jumlah kata yang tercecer dimuka bumi selama satu tahun adalah lebih dari 7800 Triliun kata-kata !!! Subhannalloh..!!!

Kata-kata itu adalah kata-kata yang terucap dari manusia, ini belum lagi dihitung kata-kata yang tidak terucap, tetapi tertulis. Entah itu di buku tulis masing-masing manusia, di email, di chatting, di SMS, di tembok, dikanvas, dikoran, dimajalah, di TV, dikomputer, bahkan diblog ini sendiri sudah tak terhingga rasanya. Mau coba dihitung ? ..

Hehe daripada nambah ngitung yang kata-kata tertulis, mungkin kita coba saja analisa yang terucap oleh bagian tubuh kita yang terletak dibawah hidung ini dulu.

Dalam bercakap-cakap dengan seseorang, kita tentunya tak pernah mulus seperti sebuah cerita, dengan nada teratur, ada pola yang terbentuk, ada ritmenya. Misalkan saja, hari ini diminta untuk memberikan presentasi kepada klien, pastilah banyak hal yang kita coba poin-poin hiperbolik, belum lagi mungkin memberikan janji-janji yang entah apakah janji itu nanti akan bisa dilakukan atau tidak. Belum lagi jika kita mengajar, apakah ada bumbu-bumbu cerita yang ditambah-tambahkan. kalau kita berbicara dengan anak apakah sering memberikan teguran, amarah, dan ucapan-ucapan lainnya.

Segala sesuatunya dalam sebuah percakapan yang kita keluarkan dari mulut ini pasti dalam satu hari ada beberapa kesalahan. Dan kesalahan itu adalah bisa berupa janji palsu, pujian palsu, kebohongan, mengejek, mencaci, menghujat dan hal-hal buruk lainnya. Marilah kita anggap poin untuk itu adalah sebesar 10% saja dari kat-kata yang kita keluarkan dalam sehari.

Dengan perhitungan matematis, maka jumlah kat-kata yang keluar dari mulut kita dan tidak "bermanfaat" bahkan dikategorikan "berdosa" adalah sebesar = 10% x 2160 x 2 jam/hr = 432 kata dalam sehari... Berapa banyakkah itu ??. Yaitu sebanyak kata-kata yang saya tulis sampai dengan tanda titik ini!!.

Jadi intinya, jika anda sudah hidup selama bisa berkata-kata (baligh hingga mati), sudah berpa kata-kata yang sia-siakah yang kita keluarkan dari mulut kita ?... berapa pula banyknya kata-kata yang sia-sia juga dan kita tulis dimana-mana ?...

Wallaahu'alam bishshowab....
~ @Abuafi ~

4 comments:

  1. Anonymous10:44 AM

    Jadi memang benar kalau manusia itu banyak bicara sedikit bekerja? :D

    ReplyDelete
  2. hehehe,.. kayaknya bener mas. Coba deh pas di tempat kerja kita puasa nggak ngomong 1 jam aja.. kuat nggak ?..(tapi jangan diganti dengan di depan PC).. pasti deh nggak kuat juga ya..

    ReplyDelete
  3. Anonymous11:57 AM

    makanya mulut itu perlu dijaga nih..

    ReplyDelete
  4. Anonymous10:37 AM

    kuat mas.. yaitu pas lagi bobo.. :-))

    ReplyDelete

Monggo dipun raos lan dipun rasani kemawon.. ;-)

resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut