Saturday, July 25, 2009

ALTRUIS...

Seorang ustadz yang kebetulan sering berkomunikasi dengan para misionaris/pendeta karena materi-2 kristologi yang mau tidak mau membuatnya sering bertemu mereka, bercerita bahwa mereka para pendeta itu ternyata kenapa kok suka sekali memberi kepada setiap orang ? hal itu karena mereka adalah seorang penganut Altruisme sejati, mereka sangat menaati sabdanya Isa Almasih perihal kebiasaan "menabur". Kalau ada jemaat/anggotanya yang menemui mereka pas pamit hendak pergi keluar kota misalnya. maka mereka akan memberikan 'sangu' untuk jemaatnya tersebut. Mereka setia menabuh benih-benih kebaikan katanya. Makanya tidak heran kenapa ada judul sekolah yaitu SMP-SMA Penabur di jakarta.

Sebaliknya, lanjut ustadz saat seorang kyai ditemui santrinya pamit hendak bepergian atau hal lainnya, yang biasanya terjadi adalah sang santri-lah yang 'memberikan' sesuatu kepada sang kyai, bukannya Kyai tersebut yang memberikan 'sangu'. Inilah contoh bagaimana ada beberapa Kyai yang sayang sekali mereka belum di kategori altruis ini.

Kata kamus OXFORD, altruisme adalah suatu prinsip hidup yang lebih mendahulukan kesejahteraan dan kebahagiaan orang lain daripada diri sendiri.Terus Kalo menurut Sosiologi sebagai sebuah perbuatan menolong tanpa pamrih.

Sedangkan seharusnya didalam Islam Altruis sebenarnya sudah merupakan budaya yang WAJIB dan WAJAR bagi seorang Muslim. Salah satu penerapan Altruisme adalah SHODAQOH, menurut Yusuf Wibisono pada Ekonomi Sedekah,bentuk altruisme tertinggi dalam Islam adalah Sedekah sunnah karena ia bersifat sukarela, tanpa paksaan, tanpa ketentuan, dilakukan dalam kondisi susah ataupun senang, malam dan siang hari, sembunyi-sembunyi ataupun terang-terangan (QS 3: 92).

Tulisan ini adalah sebuah pengharapan.. tak perlu diperpanjang,tapi perlu diperharap..
Pengharapan munculnya Altruis-altruis pada diri kita.

0 komentar:

Post a Comment

Monggo dipun raos lan dipun rasani kemawon.. ;-)

resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut