Sunday, November 02, 2008


Dunia Google, Google dunia


sebuah ulasan ulang buku dari David A.Vise "The Google Story"

by @Abuafi


Google terlalu perkasa, sekilas judul di JawaPos pada 3 februari 2008 lalu tertera memberitakan keperkasaan sang raksasa Search Engine Google.Com, bahwa walaupun jika si Bill 'Microsoft' Gates berhasil membeli Yahoo.Com maka hanya akan memngumpulkan poin dalam pendapatan iklan di dunia maya hanya sebesar 33%. Masih sangat jauh sekali dengan poin bisnis iklan punya-nya Google yang sudah mencapai 58%. Dan ternyata kenyataannya juga Microsoft akhirnya kandas tidak jadi membeli Yahoo.

Di buku yang sebenarnya sudah ada sejak tahun 2005 (di Indonesia tahun 2006) ini benar-benar mampu menggambarkan bagaimana kepiawaian dua anak muda turunan yahudi yaitu Sergey Brin dan Larry Page mengawali Google dan memupuki-nya sehingga menjadi raksasa baru di dunia maya hanya dalam 5 tahun. Bayangkan saja saat ini nilai kapitalisme pasarnya saja mencapai 100 MILYAR DOLLAR !!!.. Mau tahu berapa Rupiah ?..dengan kita ambil rate 1 US$ sekitar Rp.10.000,- saja maka menjadi 1 BILIUN !!! (1000 TRILIUN !!!). Bayangkan lagi dengan APBN negara kita di tahun 2007 saja hanya sekitar Rp746,4 triliun !. kalo uang dari pasar-nya Google terkumpul semua sudah pasti Indonesia bakal menjadi salah satu negara bagian dari Google, alangkah sedihnya.. :-(

Cerita berawal dari ketika Larry bertemu dengan Sergey di universitas Stanford, saat itu sedang masa orientasi mahasiswa baru. Dimana Sergey menjadi pemandunya Larry. Namanya orang pintar ketemu orang pintar pastilah silang pendapat pasti terjadi, nah hal itulah awal pertemuan keduanya. Kedua orang ini saling berbantahan tentang masalah apapun, walaupun saling tidak kenal ternyata mengawalinya dengan perdebatan-perdebatan seru. Ini semua diceritakan pada bab kedua, bukan pada bab pertama.

Pada bab pertama tampak sekali sang penulis mencoba memberikan daya rangsang kepada pembaca dengan menyajikan tulisan tentang beberapa nukilan kejadian-kejadian yang menarik perihal polah tingkah Google dengan kedua penemunya itu. Mulai dari kejadian saat kedua yahudi ini mendatangi sebuah SMA di negara zionis,Israel (Lihat betapa getol-nya Yahudi di seluruh dunia membantu apapun ke israel, bagaimana pakar-2 muslin yang menang nobel, menemukan pesawat, dll .. ada apa ?). Foto-foto bersejarah di google juga disajikan pada bab pertama ini.

Cerita mulai semakin menarik karena bab demi bab disajikan seperti sebuah kumpulan cerita pendek (cerpen). Belajar berhitung, Saus rahasia, Politik adu domba, festival Burning Man, The Danny Sullivan Show, Ekonomi Google, Seluruh dunia ber-Google ria, April mop, Tukang sensor, Go Public, Majalah Playboy, Charlie's place, Di meja hijau, Kejahatan klik dan lain sebagainya hingga ditutup oleh cerita bagaimana Google meng-google gen sendiri.

Daya tarik awal sebenarnya dari buku ini selain memang karena kehebatan Google, juga tentunya dari tulisan yang disajikan benar-benar memikat nyaris seperti sebuah alur cerita novel (kumpulan cerpen), dan hal ini tentunya disebabkan oleh kualitas penulis yang ternyata memang pernah memenangkan Pulitzer Prize : David A.Vise.
Bintang 5 dari skala 7 patut diberikan untuk buku ini.
dan ada tulisan kecil menarik yg mungkin tidak semua orang sempat membaca ini : "Buku ini tidak dibuat, dipesan, atau dibiayai oleh Google,Inc".
Selamat membaca ya...

3 comments:

  1. Anonymous8:17 AM

    Berapa ya harga bukunya ?..

    ReplyDelete
  2. Anonymous9:05 AM

    waduh maaf, kalo dulu mungkin sekitar 60-70 ribu-an kalo enggak salah.
    sekarang kurang tahu berapa ya..
    apalagi dollar naik.. :-)

    ReplyDelete
  3. pdf-nya share dong pak

    ReplyDelete

Monggo dipun raos lan dipun rasani kemawon.. ;-)

resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut